Friday, 30 August 2013

delafest0813


GAK ADA PERMATA, GAK RAME !



      Tepatnya tanggal 24 bulan Agustus tahun 2013bertempat di Gedung Cut Nyak Dien Buperta, Cibubur awal mula acara DELAFEST (Depok-Lenteng Agung Festival) terealisasikan. Banyak cerita yang didapat pada acara ini, mulai dari para peserta, para penonton, para supporter dan bahkan kami para panitianya. Walaupun acaranya sedikit mengulur waktu dari jadwal yang ditentukan, tapi tetap ada sukacita disana.
      Suasana yang diciptakan benar-benar seperti di jambur (backdrop), suasana tempat budaya kita terlahir yaitu ‘Taneh Karo’. Setiap orang yang baru datang disambut dengan ornamen-ornamen yang lekat dengan kampung karo, banyak orang berfoto ria disana. Setiap runggun yang mengikuti lomba juga menunjukkan antusias yang besar terlihat ketika pendukung yang bersorak-sorai yang menggebukan nama runggun mereka, semua punya kesan, acara delafest ini selain festival ternyata juga merupakan ajang reunian untuk beberapa jemaat yang datang.

      Acara yang kami laksanakan disini bertujuan agar Permata sebagai generasi penerus budaya khususnya budaya Karo tidak lupa dan tidak asing dengan keadaan budayanya sendiri. Perlombaannya ada tari yaitu tari lima serangkai dan kreasi, band akustik, tata rias pengantin Karo, dan rally photo. Ternyata, antusiasme dari generasi muda GBKP untuk acara budaya ini sangat besar terlihat dari partisipasi tiap runggun mengikuti perlombaan tersebut. Tak kalah menariknya kami juga mengundang para juri yang memang ahli pada bidang-bidang yang dilombakan. Terimakasih untuk para juri yang kece :D 
      Sebelum pengumuman pemenang, acara yang dihadirkan ada ‘Charity Action’ yaitu kalak Karo mari membaca. Dalam charity ini, sanggar Tuah Ginemgem mempersembahkan sebuah sendratari sembari menjalankan durung-durung. Dana yang didapatkan nantinya untuk adik-adik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang terdapat dibawah moderamen GBKP. Bukan hanya materiil, tapi kami juga mengajak para Permata berpartisipasi membawa  buku-buku untuk disumbangkan. Dana yang didapatkan dari durung-durung sebear Rp 2.446.000,00 dan hasil dari penjualan makan siang kami sekitar Rp 1.000.000,00. Mudah-mudahan charity action kita dapat bermanfaat untuk penerus bangsa ini khususnya untuk GBKP :) ;)
         
      Setelah charity, acara selanjurnya adalah gendang-gendang. Sebelumnya para orangtua kami yang hadir turut mengajak dalam acara gendang-gendang ini dengan menari bersama. Tari tonggal tan juga ditarikan adalah awal dari gendang-gendang dimulai.    
      Saatnya pengumuman pemenang, sebuah acar puncak untuk para peserta yang mengikuti perlombaan. Jengjengjengg.... Hasilnya : Tari : 1) Cililitan, 2) Klender, dan 3) Bekasi. Band akustik :1) Bandung Pusat, 2) Pondok Gede, dan 3) Pamulang. Rias pengantin : 1) Bogor, 2) Bandung Pusat, dan 3) Cijantung. Rally photo : 1) Rivaldo William, 2) Giovanny Ginting, 3) Alvin Sinulingga,  dan Fav) Edi Ginting 


Kami atas nama panitia sekali lagi mengucapkan selamat kepada masing-masing pemenang. Semoga karya kalian tidak berhenti pada acara DELAFEST ini tapi semakin bertumbuh dan berbuah dalamNya dan namaNya tetap dipermuliakan lewat karya Permata GBKP. So, Gak ada Permata, yaa gak rame !! ;) ;) 



Dibata simasu-masu kam Permata kerina :D

Bujur ras mejuah-juah :D





Shalom Permata .....

Puji Tuhan, acara DELAFEST kita telah terselenggara dengan lancar. Kelancaran acara ini tidak akan terwujud tanpa ada campur tangan dari berbagai pihak pastinya, untuk itu kami ingin mengucapkan terimakasih. Tapi sebelumnya, kami ingin memperkenalkan siapa aja sih yang tergabung dalam panitia DELAFEST ?????
Simak yaa... 

Kepanitiaan kami ini tentu saja dilindungi oleh Tuhan Yesus Kristus.

Pertama, dari BIDANG UMUM dulu yang bisa dibilang induk dari kepanitiaan DELAFEST ini ada Ramanta Surbakti sebagai ketua pimpinan yang diwakili oleh Eganita Ruth Astrini Barus. Untuk soal ketik-mengetik, surat-menyurat dan tulis-menulis itu ada Yemima Tandenta Sebayang sebagai sekretaris. Dan tak kalah pentingnya untung urusan keuangan ada Eviyosinta Putri Barus menjabat sebagai bendahara kami. :D:D

Bidang yang satu ini ga kalah penting yaitu bidang yang berurusan sama uang-uang yang kita perlukan dan memutar balik otak usaha yang harus dilakukan agar menghasilkan yaitu BIDANG DANA dan USAHA. Disini ada Eka Heralina Sembiring, Jahtera Putra Barus, Selvy Rehulinta Bangun, Maya Pehulisa Sebayang dan Josia PranataTarigan.

Selanjutnya, kalau ga ada bidang ini kemungkinan acara kita ga berjalan lancar (ups lebay). Pasti capek buat rundown acara yang kece BIDANG ACARA, ada Andi Adrian Sinuhadji, Yan Emersan Sembiring dan satu-satunya cewe di bidang ini Hariati Sembiring.

BIDANG AKOMODASI dan KEAMANAN, dari namanya aja pasti yang berurusan dengan transportasi dan keamanan pada acara DELAFEST berlangsung. Bidang ini kumpulan dari para lelaki Christiander Jayona Ginting Manik, Andre Saputra Sembiring dan Elieser Adhi Barus.

Dian Karina Ketaren, Silvyana Ginting Manik dan satu lelaki Rama Pradhana Sembiring. Terimakasih untuk orang-orang ini yang dengan setia ngurusin makanan kita dan snack dalam kepanitiaan DELAFEST. BIDANG KONSUMSI

Nah, yang satu ini adalah bidang yang mungkin bisa dibilang 3 in 1, BIDANG PUBLIKASI, DEKORASI dan DOKUMENTASI. Kerjanya itu buat account social media yaitu blog, twitter, dan facebook; buat poster, flyer, spanduk dan publikasiin ke tiap runggun (curhaatt) . Ngedekor gedung acara dengan backdrop dan hiasan lainnya, dan ga lupa ngedokumentasi pada saat rapat, nyari dana acara berlangsung (jepratjepret). Orang-orang kece ini ada abang kakak kami Fernando Sembiring, Randy Tarigan, Elon  Praka Sukatendel, Riahta Karina Ginting, Pebina Angelina Juventa Sembiring, Selvy Mardyani Tarigan, Gisella Ginting, Agnes Tarigan dan Christy PS Ginting.

Kalau ada yang sakit saat acara berlangsung ya ke bidang ini BIDANG KESEHATAN. Disini berkumpul para wanita yang lembut dan suka menolong pastinya Ramayana Sinukaban, Chrisvina Ginting, Regita Maydiana Tarigan dan Lisa Amelia Ginting. Terimakasih yaa udah ngobatin kami ;D

Bidang yang harus melengkapi saat acara yaitu BIDANG PERLENGKAPAN. Buat abang-abang kami Endy Pramana Sembiring dan Brando Valentino Ginting yang susah payah dalam menjalankan tugasnya :):)

Ga kalah penting orang-orang ini yang bersedia sibuk dalam acara berlangsung, terimakasih untuk bantuannya teman-teman Vina Perangin-angin, Novri Ginting, Nita Ginting, Brenda Sinulingga, Theofany Ginting, Andrew Tarigan, Astrid, Bastanta Tarigan, Jefry Sitepu, Nayna Sinulingga, Anisasifi Sembiring, Dewi Tarigan, Jimmy dan Frendy Barus.
dan tidak lupa kepada seluruh PERMATA Depok-Lenteng Agung yang berpartisipasi.     

Udah kenalkan pasukan panitia kami siapa aja .........
Kami segenap panitia berterimakasih atas partisipasi kalian dalam acara DELAFEST ini. Untuk runggun-runggun yang mengikuti perlombaan : Bandung Pusat, Bandung Timur, Jakarta Pusat, Graha Harapan, Pamulang, Bekasi, Bogor, Cililitan, Cijantung, Pondok Gede, Tangerang, Klender.
Berterimakasih kepada para donatur, sponsorship, PPKJBandung, PPKJBanten, segenap orangtua kami yang berpartisipasi dalam acara ini.
Dan terkhusus kepada Pdt. Abdi E. Sebayang, terimakasih sudah berpartisipasi dalam DELAFEST.


 MEJUAH-JUAH PERMATA

Sunday, 16 June 2013

lagu lima serangkai

Mejuah-juah Permata :)

Bagi runggun yang mengikuti lomba tari, disini kami memberikan lagu lima serangkai yang akan mengiringi tarian 5 serangkai kalian. Silahkan download di link ini ya, maaf agak telat :) selamat berlatih Permata, berikan yang terbaik :D

bujur




http://www.ziddu.com/download/22385386/5Serangkai.mp3.html

Friday, 7 June 2013

Wednesday, 8 May 2013

Hadiah Perlombaan

Shaloooom PERMATA !! :D

Dalam acara DELAFEST ini, setiap perlombaan akan mendapatkan hadiah kepada masing-masing pemenang. Simak yuuuk ...

1.    a . Tari Lima Serangkai
     b. Tari Kreasi
                 a.  Rudang-rudang Mejile
b.  Andiko Alena
c.  GBKP Simalem
d.  Ariko Kena
e.  Family Taxi

*( lagu pilih salah satu)

  •   Juara 1 : Rp 1.250.000,00
  •   Juara 2 : Rp    750.000,00
  •   Juara 3 : Rp    500.000,00


2. Band Akustik
    a.  Ajar aku o Tuhanku (PEE No.37)
   b.  Malem Ate Tuhu-tuhu (KEE No.201)
    c.  Yesus Tuhanku Njaminisa (KEE No.184)
   d.  Siberitaken Berita Simeriah (PEE No. 45)
   e.  Nehenlah Sekelewetta (PEE No. 88)

*( lagu pilih salah satu)
  •   Juara 1 : Rp  1.000.000,00
  •   Juara 2 : Rp     750.000,00
  •   Juara 3 : Rp     500.000,00


3. Rias Karo
  •   Juara 1 : Rp    750.000,00
  •   Juara 2 : Rp    500.000,00
  •   Juara 3 : Rp    300.000,00


4. Rally Photo
  •   Juara 1 : Rp    500.000,00
  •   Juara 2 : Rp    300.000,00
  •   Juara 3 : Rp    200.000,00
  •   Juara Favourite 1 & 2 : Rp  200.000 (@ Rp 100.000,00)


Ayoo sama-sama kita meriahkan acara DELAFEST ini dan semakin memperkaya diri kita sebagai PERMATA dengan budaya Karo. :):) 


                                                                                         Dibata simasu-masu ......

Wednesday, 3 April 2013

DELAFESTIVAL


Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) adalah Gereja Kristen Protestan di Indonesia yang berdiri di Tanah Karo, Sumatera Utara dan melayani masyarakat Karo yang sekarang berada hampir diseluruh Indonesia. GBKP di Jakarta memiliki 2 Klasis yaitu Klasis Jakarta-Bandung dan Klasis Jakarta-Banten, yang meliputi daerah Jabodetabek. Runggun adalah bagian dari Klasis yang berada perwilayah. Adapun kelompok Pemuda/i di dalam GBKP adalah Persadaan Man Anak Gerejanta (PERMATA) yang berarti Persatuan untuk anak Gereja Kita.

Perkembangan dan pertumbuhan Permata GBKP tersebut tidak terlepas dari regenerasi disetiap runggun secara terus menerus. Jumlah yang semakin lama semakin banyak tersebut akan menjadi potensi yang baik dalam cikal bakal penerus budaya dimasa yang akan datang.
Alhasil, diharapkan Permata GBKP mampu menjadi penerus budaya yang kreatif, berkreasi dan mampu memperkenalkan serta melestarikan budaya khususnya budaya Karo kepada masyarakat luas yang sesuai dengan nilai-nilai Gereja.

Nama kegiatan ini adalah DELAFEST. Kata DELA pada "DELAFEST" diambil dari lokasi penyelenggara kegiatan ini yaitu, GBKP Runggun Depok-Lenteng Agung. Mengartikan identitas penyelenggara kedalam nama kegiatan. Kegiatan ini bertajuk festival Budaya Karo yang meliputi perlombaan dengan berbagai kategori dari kesenian Batak Karo seperti tari, musik, dan rias wajah.

Tema           : Pujilah Dia hai, jiwaku! - Mazmur 149:3
Sub Tema     : Maka bernyanyi dan menarilah, pemuda-pemudi. 
                     Gendangkan budayamu!


Visi : Agar Permata semakin aktif dalam kegiatan budaya, mampu berkreasi, kreatif dan  semakin cinta akan budaya Karo

Misi : Agar Permata tetap ingat akan identitas dirinya sebagai orang Karo

Waktu dan Tempat

Tempat           : Gedung Cut Nyak Dien, 
                          Bumi Perkemahan Cibubur
Hari/Tanggal   : Sabtu, 24 Agustus 2013        
Waktu             : 08.00 – selesai


Mekanisme Perlombaan

 A. Tari Lima Serangkai
      Setiap Runggun hanya boleh mengirimkan satu tim tari
      Setiap tim wajib membawakan Tari 5 Serangkai
      Masing-masing tim terdiri dari 5 pasang
      Durasi waktu 15 menit/tim

B.Tari Kreasi
      Setiap tim wajib membawakan tari kreasi
      Setiap tim terdiri minimal 3 (tiga) pasang dan maksimal 5 (lima) pasang
      Durasi waktu 8 menit/tim
      Lagu ditentukan oleh Panitia (pilih salah satu)
     a.  Rudang-rudang Mejile
     b.  Andiko Alena
     c.  GBKP Simalem
     d.  Ariko Kena
     e.  Family Taxi

•      Biaya pendaftaran Rp.250.000/tim ( tari wajib dan kreasi) 

1.    2.   Band Akustik
      Setiap Runggun hanya mengirimkan 1 band
      Personil setiap band minimal 3 (tiga) orang dan maksimal 7 (orang)

      Panitia menyediakan alat band standar :

2 (dua) gitar akustik
1 (satu) bass
1 (satu) hazoon
7 (tujuh) mic (pengeras suara)

•   Setiap band diperbolehkan membawa alat musik sendiri, 
     dengan ketentuan alat music tersebut tidak disambungkan ke amplifier (unplugged).
      Setiap band membawakan 1 (satu) buah lagu dengan aransemen masing-masing 
     dari lagu yang telah ditentukan oleh panitia (pilih salah satu) :
  a.  Ajar aku o Tuhanku (PEE No.37)
  b.  Malem Ate Tuhu-tuhu (KEE No.201)
  c.  Yesus Tuhanku Njaminisa (KEE No.184)
  d.  Siberitaken Berita Simeriah (PEE No. 45)
  e.  Nehenlah Sekelewetta (PEE No. 88)
      Durasi waktu max. 7 menit/band
•   Biaya pendaftaran Rp.150.000/band

1.    3.    Rias Pengantin
      Setiap Runggun mengirimkan satu tim yang terdiri dari 4 orang (sepasang model pengantin dan 2 orang perias)
      Durasi waktu 30 menit untuk merias
      Peralatan dan perhiasan dibawa oleh masing-masing tim
 Peserta diberi kesempatan 5 menit untuk fashion show dan menjawab pertanyaan dari juri
•  Biaya pendaftaran Rp.150.000/tim

1.    4.    Rally Foto
      Peserta adalah Individu (tidak membawa namarunggun)
      Media yang digunakan bebas (camera DSLR, camera digital, camera hp) dan akan dicetak oleh Panitia ukuran 4R
    Masing-masing peserta menyerahkan kepada panitia 
    foto yang akan dicetak max. 3 foto
      Foto yang diserahkan tanpa editing
      Pengambilan gambar dilakukan pada hari Festival DELA FEST dilaksanakan
      Tema foto : Nuansa Karo
      Biaya Rp.25.000/foto

Ketentuan lebih lanjut mengenai peraturan masing-masing lomba akan dibahas pada saat Technical Meeting



Contsct Persons :    
Yan Sembiring ( 087788074243 )
Andi Sinuhadji  ( 085697090289 )
Riahta karina Ginting ( 089654614838 )
Fernando Sembiring  ( 08978363696 )